Sejarah 'Setan Merah' Dengan Klub Rusia


Manchester United sempat miliki cerita manis dgn Rusia, tetapi tidak dgn klub-klubnya. Matchday IV Liga Champions tengah minggu ini juga bakal jadi ujian lagi utk mereka.

Dalam histori 'Setan Merah', Rusia ialah negeri dimana mereka berhasil mendapatkan gelar ke-3 Liga Champions. Pada thn 2008, pada sebuah malam yg diguyur hujan, United menang adu penalti atas rival satu negeri mereka, Chelsea.

Kurang lebih setahun sesudahnya, tepatnya pada Oktober 2009, United utk pertama kalinya berjumpa dgn CSKA Moskow di Moskow. Pada jumpa pertama tersebut, The Red Devils menang 1-0 berkat gol yg diciptakan Antonio Valencia pada menit ke-86.

Pada jumpa berikutnya di Old Trafford, Manchester, United sempat tertinggal 1-3 dari CSKA. Tetapi, mereka sukses memaksakan hasil imbang 3-3 berkat --lagi-lagi-- gol Antonio Valencia pada injury time babak ke-2.


Dalam catatan UEFA, United belum sempat menang waktu menjamu tim asal Rusia di Old Trafford.

Sebelum kejuaraan melawan CSKA di Old Trafford tersebut, United pernah menghadapi FC Torpedo Moskow di babak pertama Piala UEFA periode 1992/1993 & SC Rotor Volgograd pada masa 1995/1996. Pada dua laga tersebut, United main imbang 0-0 & 2-2.

Sepanjang histori jumpa dgn tim-tim asal Rusia di kejuaraan antarklub Eropa, baik itu kandang atau tandang, United baru menang satu kali dalam delapan turnamen.

Kompetisi melawan CSKA, Rabu (4/11) dinihari WIB, serta jadi ujian tersendiri bagi tim besutan Louis van Gaal tersebut. Selain soal mendapatkan tiga poin, tapi apakah United sanggup mencetak gol pada laga tersebut.

Pasalnya, keran gol Wayne Rooney dkk. belakangan sedang seret. Dalam tiga kompetisi terakhir di seluruh ajang, terhitung sejak menghadapi Manchester City di Premier League, United senantiasa tidak berhasil bikin gol.

Terakhir, mereka ditahan imbang oleh Crystal Palace 0-0 di Old Trafford. Tapi, Van Gaal meyakinkan bahwa paceklik gol tersebut dapat serta-merta berhenti.

"Sepakbola adalah soal mencetak gol dan itulah yg menjadikan perbedaan. Kami harus meningkatkan soal itu & kami sedang berlatih keras utk itu. Aku berharap kami bisa membuktikannya waktu menghadapi CSKA Moskow," kata Van Gaal.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

search